Apa saja manfaat melatih otot inti tubuh?

  1. Mencegah cedera

Membungkuk untuk memakai sepatu, mengangkat boks berat, menoleh untuk melihat ke belakang, duduk di kursi, mengemudi, atau hanya berdiri diam — ini hanya beberapa dari banyak rutinitas harian yang sangat mengandalkan otot inti Anda, dan bahwa Anda mungkin tidak menyadarinya sampai tubuh terasa menjadi kaku atau sakit. Kelamaan duduk dan minim olahraga melemahkan otot-otot bagian tengah tubuh Anda.

Otot inti yang lemah atau tidak fleksibel dapat mengganggu fungsi lengan dan kaki. Dan itu menguras tenaga dari setiap gerakan yang Anda buat. Melatih otot inti dengan benar dapat menggenjot kekuatannya. Mengembangkan torso tubuh yang kuat berarti membangun stabilitas dan kekuatan otot inti.

  1. Memberikan postur tubuh yang baik

Otot inti lemah berkontribusi pada kebiasaan membungkuk. Latihan otot inti melatih otot-otot di punggung bawah, pinggul, perut, dan panggul Anda sebagai pusat gravitasi Anda sebenarnya, untuk bekerja secara harmonis.

Ketika Anda memperkuat punggung bagian atas dan bahu, otot-otot ditarik ke belakang dan turun sehingga menghapus jejak tubuh yang bungkuk — memberikan Anda postur tubuh yang stabil dan baik. Postur yang baik membuat Anda tampak lebih tinggi dan ramping, menggenjot kepercayaan diri Anda secara keseluruhan.

  1. Menunda proses penuaan dini

Tetap bugar juga berarti melindungi sistem-sistem penting di bawah permukaan kulit. Inti tubuh Anda tidak hanya ada di mana organ-organ dan sistem saraf pusat memusatkan energi mereka, namun juga di mana pembuluh darah tubuh dan arteri terbesar (dan paling penting) Anda berada. Sekitar 10 persen dari lemak tubuh mengendap di antara dinding perut dan organ-organ Anda, seperti hati dan usus. Itulah lemak yang lebih berbahaya, sehingga kelebihan lemak di area ini dapat menyebabkan tumpukan masalah-masalah kesehatan lain — dari penyakit hati, demensia, hingga kanker payudara.

Mendapatkan fleksibilitas dan stabilitas otot perut, punggung, dan tulang belakang akan menyegarkan dan meremajakan sistem tubuh yang membantu mengoptimalkan proses pengiriman sinyal ke otak, metabolisme, pembersihan racun, penyerapan gizi, pengaturan keseimbangan hormon — kesemuanya berperan dalam menunda proses penuaan dini. Pada akhirnya, inti tubuh yang kuat membuat Anda tampak dan merasa sehat serta bugar.