1. Jadi Mudah Lapar

Tanda pertama yang terlihat saat tubuh kita kekurangan protein adalah menyebabkan kita mudah lapar. Mudah lapar saat tubuh kekurangan protein disebabkan karena protein bertugas untuk menjaga kadar glukosa atau gula dalam tubuh tetap stabil. Kalau tubuh kekurangan protein, maka tingkat glukosa dalam tubuh kita menjadi tidak stabil. Hal ini akan membuat kita terus-terusan makan untuk mencukupi kebutuhan glukosa yang dianggap tubuh kita seolah-olah belum tercukupi.

2. Tubuh Jadi Mudah Sakit dan Luka Lebih Lama Sembuh

Semua senyawa pada sistem kekebalan dalam tubuh kita dibangun oleh protein yang kita dapatkan. Kalau jumlah protein dalam tubuh kita berkurang, maka kekebalan tubuh juga menurun dan tubuh kita menjadi lemah saat melawan zat asing yang menyebabkan penyakit dan rentan akan virus atau bakteri. Kekurangan protein juga akan menyebabkan jumlah sel darah putih yang baru diproduksi akan berkurang, proses penyembuhan luka juga akan lebih lambat terjadi sehingga proses penyembuhan luka juga menjadi lebih lama.

3. Menurunnya Fungsi Otak

Penurunan jumlah gula dalam tubuh selain menyebabkan kita menjadi mudah lapar ternyata juga bisa menyebabkan fungsi otak menurun. Berkurangnya protein dalam tubuh akan menyebabkan tingkat gula dalam darah terus mengalami naik turun dan berefek pada otak kita. Akibatnya, kita akan menjadi sulit fokus, sulit berpikir, bahkan menjadi linglung atau lupa banyak hal. Padahal protein bertugas untuk membantu melepaskan karbohidrat yang berguna sebagai energi dan menggerakkan otak.

4. Rambut Lebih Mudah Rontok dan Ada Perubahan pada Kulit serta Kuku

Rambut kita mengandung sekitar 90 persen protein, sehingga kalau rambut kekurangan protein, maka akibatnya adalah rambut menjadi rapuh serta mudah rontok. Selain itu, rambut juga jadi lebih kering, berubah warna, dan ukuran batang rambutnya menjadi lebih tipis. Kekurangan protein juga akan menyebabkan perubahan pada kulit dan kuku kita. Kulit akan menjadi lebih sensitif saat terkena sinar matahari, akan mengalami kulit pecah-pecah, terkelupas, kering, dll.