1. Latihan

Ketika bulan puasa, tidak harus mengoptimalkan latihan dan tidak harus intensive karena Anda tidak mendapatkan masukan makanan dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Cukup mempertahankan badan yang sudah Anda peroleh dan latihan cukup dengan menghilangkan lemak (fatloss). Latihan dilakukan maximal 30 menit. Jika lebih dari itu maka anda akan dehidrasi. Latihan yang bagus adalah ketika sudah berbuka puasa karena anda bisa makan kembali setelah latihan. Jangan latihan setelah sahur karena anda tidak makan kembali.

2. Nutrisi

Nutrisi yang paling penting adalah protein. Ketika sahur dan berbuka pilih makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur, dada ayam, ikan dan lain-lain. Jangan lewatkan sahur karena tubuh kita butuh protein. Ketika berbuka puasa perbanyak minum air putih dan air jeruk karena bisa mengambil nutrisi dari makanan yang kita makan ketika berbuka.

3. Suplemen

Ada tiga suplemen yang sangat berguna ketika bulan puasa, yaitu BCAA, CASEIN, dan Multi Vitamin. Suplemen-suplemen tersebut bagus untuk mempertahankan bentuk otot, juga bagus untuk memperlama protein dalam tubuh. penggunaan sesuai dengan dosis yang disarankan masing-masing produk yang dipakai.